Oleh: naive7 | 16 Oktober 2009

Malcolm Balridge

Malam itu abis rapat di rumah pak RT Sutejo mo nyambut 17 an Agustus, Bang Naip pulang bareng ame Bang Wiskul. Kalo soal cerite ade ajeh dah Bang Wiskul koleksi ceritenye nyang seru tapi kagak saru… terutame pengalaman doi narik bajaj en nyeritain tingkah polah ato cerite si “customer” bajajnye… deeeuuuu… hehehe.
Cerite Bang Wiskul:

Bang Wiskul lagi narik bajaj nganterin “costumer” nya di jalan raya sekitaran jalan pramuka. Doi lagi fokus ama jalan raya yang lagi macet en coba2 ngeliuk-liuk zigzag bajajnya supaya bisa ngelewatin macetnye ini jalanan Jakarta.
Pas ngelewatin simpang rel kereta api di depan pasar burung, bang wiskul lupa ngerem bajajnye, … waduhh …penumpang bajajnye terguncang-guncang, terlompat-lompat dari bangku bajajnye. Mane dua orang bapak-bapak lagi, nyang satu rada gendut en nyang satu kurusan. Waktu ngelewatin rel kereta api tadi, dari kedua orang “customer” nye itu terucap, “..Masya Allah..!” nyang satu lagi bilang, “..aduhh…” Bang wiskul mesem2 ajeh en bilang, “maap bos, jalanan lagi kagak bener nech…”
Nyang gendut bilang: ” aah nyante ajeh, bang… yang penting kami bisa sampai secepatnya nech… kami udah telat mau meeting di kantor pusat kami di coca-cola”
Bang wiskul: ” ho’oh, bos… aye usahain ye..” sambil ngelirik lewat kaca spion bajajnye yang udeh retak2 kedua bapak2 customernye ini sambil nyengir.
Bang wiskul jadi inget, tadi kedua orang ini naek dari depan kantor angkatan laut nyang di sebelah rivoli theater daerah Senen en minta dianter ke kantor coca-cola di jalan pramuka. Kalo ngeliat perawakannye atawa tampilannye, kedua orang ini cukup perlente di mata bang wiskul. Rada jarang juga penumpang bajajnye yang berpenampilan perlente.
Sejurus kemudian bang wiskul berkata didalem hati, “…ohh barangkali kedua bokap ini terburu-buru mau ke kantornye sementara jalanan macet, alternatifnye mereka naek bajaj bang wiskul. Begitu dech.. bang wiskul menyimpulkan sendiri pertanyaan yang timbul dalam benaknye.
Kagak berape lame, buyar juga pikiran bang wiskul en fokus matanye ke jalanan seudehnye penumpangnye ngobrol di antara mereka.
Si gendut (G), “…Har, kamu engga ada yang kelupaan kan dokumen yang dibawa?”
Si kurus (K), “..engga Pak Benny… semuanya sudah ada dalam map ini kok… kan Bapak lihat sendiri waktu saya siapkan tadi…”
Ohh…bang wiskul baru tau yang gendut namanya Pak Benny….
G, “okey Har, yang penting kita bisa memanfaatkan meeting ini dengan pihak coca-cola, pentingnya “Criteria Malcolm Balridge” ini di implementasikan pada perusahaan sebesar coca-cola…iya kan Har?”
K, “baik Pak Benny… dan kalau bisa kita minta waktu mereka untuk mempresentasikan tentang Malcolm Balridge ini di kesempatan mendatang, Pak!”
Naa.. bang wiskul udeh tau nama si kurus itu panggilannye Har. Tapi yang dibicarain mereka ini bang wiskul masih bingung nech… ‘malkolm balrits’… makhluk apaan yee… kate hati bang wiskul lagi. Bang wiskul nerusin nguping obrolan mereka lagi.
G, “begini deh Har, nanti saya yang menjelaskan Malcolm Balridge kepada peserta rapat, kamu yang lobby untuk janjian presentasi Malcolm Baldrige itu yah…”
K, “baik, Pak… nanti kita atur di ruang rapat coca-cola… nah Pak kita udah mau samapi nech”
Bang Wiskul gesit… pelan2 bajajnye diarahin ngambil jalur kanan buat muter ke arah berlawanan en langsung ngambil jalur lambat di daerah simpang coca-cola ini. Begitu pas di depan gedung kantor coca-cola, bang wiskul nyetop bajajnye en bukain pintu penumpangnye sambil nyungkil engsel pintu yang udeh karatan. Penumpangnye bapak yang kurusan langsung nyodorin ongkos bajaj ke bang wiskul. Bang wiskul terima dokatnye sambil bilang, “terima kasih Pak”. Tapi terus bang wiskul bilang lagi, “Maaf Pak, saya kok penasaran ama apa yang bapak obrolin tadi tentang … apa Pak… ‘malkom batrits’ …itu tuh.. hehehe”
Eh bapak itu malah bilang, “Begini deh Bang, saya lagi buru2… tapi kalo abang penasaran, kebetulan saya bawa satu copy dokumen yang bisa saya kasih buat abang baca2 deh ya…. kalo masi ada yang mau ditanyain, abang bisa lihat alamat ama nomor telepon kantor saya di buku itu… tenang aja, perusahaan kami konsultan yang terbuka buat siapa saja.. kebetulan saya lihat abang juga berpenampilan intelek juga nech… hehehe”
Bang wiskul, “hehehe… bapak bisa ajeh nech… tapi Pak saya banyak2 terima kasih nech Bapak udah ngasih saya buku ini”, sambil bang wiskul menerima buku itu.
Bapak yang gendut, “udah lah Har… kita hampir telat nih rapatnya!”
Si kurus, “iya.. iya Pak baik… let’s go, ayo bang ya”
Bang wiskul, “iya Pak terima kasih”, sambil ngelirik ke cover buku yang dikasih sama si bapak kurus tadi terus mengeja judul buku itu… Malcolm Balridge Criteria for Performance Excellence.
Hohohohoho….judulnye bahasa amrik nech. Bang wiskul buka sedikit halaman demi halamnye, ooohhh… ternyate bahasa indonesia juga.
Okey deh, dalem hati bang wiskul mulai berkata-kata lagi, “nih buku asyik juga kali kalo dibaca bareng-bareng si Rojak nyang sok teu, ame Uda Jubaer nyang otaknye encer di pos ronda entar malem, ato juga ame Bang Naip berame-rame.”
Sekarang, waktunye cari rejeki lagi nech.. pikir bang wiskul sambil doi nyetarter bajajnye untuk “the show must go on”….. Let’s go, my bajaj…… hayyaaaa!! itu teriakan Bang Wiskul dalem hati ajeh.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: