Oleh: naive7 | 27 Oktober 2009

Gula Gula Bara Pattiradjawane

Hari sech masih pagi tapi kenape rasenye matahari udeh panas kayak udeh siang di hari Sabtu 5 September 2009 entu, bulan puase masup ke hari 15 atawa pertengahan bulan Romadhon lah. Bang Naip abis narik motor ojeknye nganterin emak-emak en kayaknye sech ke kondangan kawinan nech di Jalan H, Asem Baris Raya – Kebon Baru Tebet, kire-kire ampir disebelahnye gedung SMA 37 deh.

Ditengah teriknye matahari pagi di bulan puase ini, Bang Naip masih bersabar menahan dahaga berpuase. Supaye enerji doi tetep tersise ampe buka puase nanti, bang Naip mencoba nyari tempat nyang adem-adem, sambil doi mikir dimane tempat nyang bisa buat ngaso, kebaca dikejauhan plang nama gedung nyang disebelah kanan, “KELURAHAN KEBON BARU TEBET”

Doi belokin ke kanan motor ojeknye buat masup ke tempat parkiran itu kelurahan. Sekilas doi ngeliat ruang tunggu bikin KTP di depan ruang sekretaris kelurahan pintunye terbuka. Parkir motornye, sambil nyelempangin handuk kecilnye bang Naip menuju ke ruang tunggu seklur. Doi ngipas-ngipas handuknye en sambil nyari dimane bangku nyang bisa buat rebahan. Sementara doi ngelirik jam yang ade di dinding deket tv ruang tunggu itu, eeeh ternyate masih jam 8.05, masih pagi nih pikir bang Naip, kok diluaran matahari jakarta udeh panas banget ye, pikir doi lagi.

Iseng-iseng doi ngeliat acara tv yang nyala tapi kagak ade orang nyang nonton diruangan itu. Wah ternyate lagi ada acara transtv kesukaan Bang Naip, “gula-gula bersama bara pattiradjawane”. Pikir bang Naip, kalo acara ini gue kudu menyimak nech, bela-belain deh kagak jadi rebahan, biar kate lagi puase. Acare kedoyanan gue nech.

Di layar televisi muncullah bara pattiradjawane menjelaskan acara gula-gula berikut menu2nye. Keren juga nech nyong bara … eh om bara kite nech pikir bang wiskul. Lokasi om bara ngejelasin menu2nye di kebun raya cibodas, cipanas – jawa barat. katenye om bara, ada 3 resep masakan kali ini 1. ayam tomat masak panci 2. perkedel nasi dgn saus salsa dabu udang 3. roti mahkota buah kejuMooo.

Resep 1 idenya didapat dari resep italia, tapi bumbunya berbumbu indonesia. Namanya ayam tomat masak panci. Ayam yang diolah hanya bagian pahanye ajeh. Paha ayam ini dikasih bumbu, sedikit merica, sedikit garam (kira-kira setengah sendok teh, lah). Kemudian kate om bara, kita panaskan wajan en kita kasih minyak goreng kira-kira 2-3 sendok makan, dicampur juga sedikit butter (kira-kira setengah sendok makan), trus wajan dipanaskan, yg mau dibuat disini adalah membuat daging paha ayamnya menjadi warna coklat dulu.

Ayam kita masukkan dalam wajan (digoreng). Ada berbagai macam sayuran yg akan dimasukkan juga ke wajan. Ada “zucchini”, yg bentuknya seperti timun, tapi sebenarnya masih “keluarga” dari terong, dibelah jadi 2 trus dipotong-potong ato diiris-iris. Wortel juga diiris tipis. Bawang bombay diiris. Bawang putih dibelah 2 ajah kagak perlu diiris. Cabe merah keriting gede 8 biji diiris miring ajah. Ada daun jeruk purut 5 lembar (utk aroma indonesianya). Ada sedikit jahe, cukup dibelah 2 ajah trus diiris tipis. 2 tangkai daun sereh. nantinya semua bumbu2 ini dicampur dalam wajan en dikasih tomat, maka jadilah ayam tomat masak panci.

Minyak sisa gorengannya bisa dipakai untuk menumis, karena masih kurang banyak, perlu ditambah kira-kira 2 sendok makan minyak goreng. Wajan dipanaskan trus yang akan ditumis adalah bawang bombay, bawang putih en cabenya. semua ditumis ajah sampai layu, jangan lupa dimasukkan juga daun jeruk purutnya, jahe, daun sereh (harus digoprek dulu supaya aromanya “keluar”).

Kalau bawang bombaynya sudah mulai layu, kita cemplungkan daging ayam goreng, ga usah diaduk-aduk lagi, masukan wortel en zucchininya, trus dimasukkan juga sedikit kentang rendang (yg biasa dipakai utk rendang) bentuknya lebih kecil dari kentang biasa, kentang rendang kagak usah dikupas tapi dicuci bersih aja dimasukkan beberapa, lalu dikasih pasta tomat yang biasa dijual kalengan dikasih 5 sendok makan, masukan air secukupnya sampai kelihatan terendam, karena mau dimatengin wortel en zucchininya.

Berikan juga 2 blok kaldu blok, hancurkan dulu tru dicampur dalam wajan. Diamkan aja trus boleh dikasih sedikit gula, cukup seujung jari aja. Sedikit merica. Kecilkan apinya trus wajan ditutup kurang lebih 30 – 40 menit dgn api yang kecil yah. Pada 10 menit pertama kuah tadi ditambahkan sedikit tepung kira-kira 2 sdt, dicampur saja, gunanya utk mengentalkan saos/kuahnya. Diaduk rata, masak terus.

Kalau sdh masak, ayam diangkat taruh pada piring saji en tambahkan sayuran kuahnya disekitar ayam pada piring saji. Inilah ayam tomat masak panci. Semua didalamnya gizi lengkap, sayuran lengkap (dari wortel en zucchini), karbohidrat ada (dari kentang), protein ada (dari ayamnya).

Resep ke 2 ini resep yg satu hidangan dgn di atas en idenya didapat dari Amerika Latin, yaitu perkedel nasi en di atasnya dilumuri saus salsa (dabu2), diolah dengan cara yang mudah. Pertama-tama dibikin perkedel nasinya dulu. Nasi matang 500 gram, didinginkan. Trus 2 butir telur dikocok en kasih sedikit merica, kasih bumbu cabe kira-kira setengah sdt, kasih daun parceli kering sedikit ajah kira-kira seujung jari. Nasi dituang telur kocok tadi, telur berfungsi sebagai perekat supaya saat digoreng nasinya kagak pecah lari kemane-mane. Kasih sedikit garam kira-kira setengah sdt. Dicampur-campur pada wajan.

Nasi dibentuk bulat-bulat dgn bantuan pencetak berbentuk seperti cincin. Trus digoreng. Cetakan ini untuk membuat perkedelnya supaya mudah/gampang terbentuk. Panaskan wajan dgn minyak goreng. Kalau sudah siap, dicheck dulu apakah cukup panas minyak gorengnya, lalu nasi ditaruh pada cetakannya sambil ditekan-tekan. Goreng terus sampai matang. Kalau sudah agak coklat warnanya, maka nasi dibalik. Kalau sudah matang nasinya diangkat dan ditaruh pada piring saji oval.

Tadi, sambil nunggu nasi matang, kita bikin saos salsa udangnya. Udang mentah yang akan digoreng, disiapkan en kemudian ditaruh di meja lain dulu. Sekarang bikin salsa, siapkan bumbunya dulu terdiri dari paprika diperlukan sedikit saja kira-kira seperempatnya, buang bijinya dan putih-putihnya, dipotong dadu kecil-kecil, masukkan ke dlm wadah/mangkuk. Lalu seperempat paprika merah potong dadu lagi en masukkan ke dalam mangkuk juga.
Cabe merah keriting dengan jumlah terserah, iris tipis en cemplungin ke dalam mangkok. 3 siung bawang merah iris-iris dulu masukin ke mangkuk juga. Satu genggam daun ketumbar, dikepel-kepel atau dibuntel, dipotong cacah, masukkan ke mangkok. Mangkok diaduk-aduk. Kasih perasan jeruk nipis. Campur juga perasan jeruk lemon. Tinggal ditambahkan bumbu standardnya seperti sedikit merica, setengah sdt garam, ditambahkan juga 2 sdm minyak goreng.

Kembali ke udang yg akan digoreng, pakailah minyak goreng bekas menggoreng nasi tadi, minyak ga usah terlalu banyak, masukkan 12 udang ke wajan, panas-panasin oseng-oseng ajah, taruh/campur udang di mangkuk salsa, kemudian diangkat en ditaruh pada piring saji. Inilah perkedel nasi dgn saus salsa dabu udang.

Resep ke 3 adalah roti mahkota buah kejuMooo dari pemenang Resep Finalis Chef Duo resep keju kraft yaitu mbak yuyun (nur wahyuni), yg mempunyai hobi masak en mengajar masak juga. Mbak yuyun menjelaskan sbb: roti tawar yang dipakai roti tawar pandan yg berwarna hijau. Idenya berasal dari takir yang kalau di yogya dari daun pisang, kalau ini pakai roti tawar. Takir adalah mangkok-mangkokan yang biasanya terbuat dari daun pisang.

Cara bikin takir: 5 lbr roti tawar hijau tanpa kulit atau dipotong kulit kasarnya dulu, lalu roti diratakan dg penggiling sampai tipis (gilas roti tawar dengan roll pin hingga tipis) terus roti dilipat/dibentuk seperti takir, menjadi bentuk kayak mangkok/wadah, tekan bagian-bagian ujungnya hingga lengket, dirapikan dgn gunting, roti takir tadi dipanggang dlm oven 160 derajat Celcius selama 15 menit. Setelah jadi hasil akhirnya berupa mangkok-mangkok roti.

Sekarang bikin isinya, terdiri dari susu segar 200 ml (200 cc), tuang ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan coklat bubuk 1 sdt, tambahin 1 butir kuning telurnya ajah, tambahkan maizena 20 gr (1 sdm), en terakhir masukan gula pasir 50 gr (kira-kira 3 sdm), mangkuk ditaruh pada panci teflon bertangkai, nyalakan apinya, tuang isi mangkok sambil tambahkan juga coklat blok yang diserut atau coklat stick (40 gr), masukkan ajah langsung ke teflon semua dimasak sampai mengental.

Sementara itu, keju cheddar kraft 100 gr diparut (keju kraft diperkaya dgn vitamin D dan mengandung kalsium yg berperan dlm pembentukan tulang dan mempertahankan kepadatan gizi). Mbak yuyun selain memasak makanan berbahan keju kraft, juga membuat keju kraft sebagai bahan minuman. Milk shake atau yoghurt ditambah keju kraft, bisa sebagai minuman anak-anak yang menyegarkan. Keju cheddar yang diparut tadi masukkan ke dlm teflon juga. Aduk lagi sampai mendidih.

Siapkan wrapping paper atau wrapping paper supaya waktu ditaruh pada mangkuk takir lebih mudah en tidak belepotan. Kalau teflon sudah mendidih, masukan isi wajan teflon ke dalam wrapping bag, ujung bag dipotong dan dikucurkan ke takir, isi kira-kira setengah level takir, cairan cream ini nantinya akan mengeras.

Tambahkan hias-hiasan yang terdiri dari buah stroberi yang diiris bagian tengahnya agar berbentuk bulat cantik, jeruk mandarin yg kaleng (boleh jeruk seger dikupas). Dapat ditambah buah kiwi dan anggur. Diberi sedikit sentuhan selembar daun mint. Jadilah roti mahkota buah kejuMooo. Trus, di layar tv ade iklan penutup dengan lambang transtv. Abis dehh acare bara pattiradjawane hari itu.

Woits bang Naip ngelirik lagi jam dinding di kelurahan kebon baru ini, udeh jam 9.00 nech. Udeh waktunye narik ojek lagi nech supaya ada rejeki buat lebaran, pikir bang Naip lagi. Buru-buru doi menuju ke motornye nyang udeh setia menunggu.

Alhasil seharian bang Naip dengan ceria menjalankan tugasnya sebagai ojek motor en kebetulan hari itu banyak rejeki masup… Alhamdulillah, bang Naip nyebut, berhubung seharian ini banyak yang make ojek doi buat nganterin ke peloksok jakarta.

Nah… malamnye seperti biasa selesai teraweh di At Tahiriyah, bang Naip mencari tempat nongkrong di pos ronda gang rumah doi. Nyang ade cuman daeng andi hasan nech, anak mude nyang berpenampilan nge-trend di kampung sini. Kali ini si daeng kite pake celane jins ame pake kaos sporty warne biru muda, pan jadi serasi ame blue jeans belelnye. Maklum dah, orang Bugis satu ini sohib bang Naip nyang kerjanye di telkomsel, jadi kudu berpenampilan trendy mulu.

Udeh gitu daeng andi hasan nech megang2 kertas en dibaca-baca ame doi waktu bang wiskul negor doi. Bang Naip langsung ngeglesor ajeh di dipan pos ronda disebeleh daeng andi hasan, nyang punye banyak sodare di tanjung priok, umurnye sih beda2 tipis ajeh di bawah umur bang wiskul sedikit.

Bang Naip (BN) buka omongan deh, “Ape kabar Daeng?”
Andi Hasan (AH), “Baik2 ajah Bang! Darimane nech Bang?”
BN, “Yaaah elo, masa kagak tau gue barusan dari mane”, emang dasar Bang Naip orang nanya, eeeeh… malah doi nanya balik.
AH, “Bukan apa2 Bang, daripada saya maen nebak2 ajah…hehehe.. “
BN, “Biasee… dari rumah…. dari mane lagi, Daeng. Ngomong-ngomong elu bawa kertas catetan apaan tuh?”
AH, “Ini Bang, saya kan tadi lembur di kantor, jadi engga sempat nonton acara kesukaan saya Bang. Itu tuh Bang, acara kuliner di transtv, gula-gula oleh bara pattiradjawane”
BN, “Nah lho… ente sejodoh nech ame gue…. kite sama Daeng, gue juga tadi pagi lagi ngaso di kelurahan kebon baru, nonton tv nyang acaranye sama tuh!”
AH, “Lah bang, kan saya karena lembur di kantor tadi jadi engga sempat nonton tv. Jadinya saya cari-cari di internet acara itu, atau paling tidak bisa nemuin menu yang sama kayak di tv tadi”
BN, “Terus…”
AH, “Naaah, akhirnya saya nemuin menu yang sama di internet, saya print deh… hasilnya ini nech”
BN, “Mane gue liat”
Di kertas yang dikasih Andi Hasan tertulis kayak begini nech:

“”http://www.kejumooo.com/resep/chef/lihat/58
Resep Finalis Chef Duo Minggu ke-3
Takir Kraft Isi Buah
ROH HADI SURYO NUGROHO | 2009-08-10 16:04:40
Setelah mencoba resep ini, saya mencoba memberikan nilai versi saya dengan skala 1-10. Rasa :8 ; Penampilan :8 ;Kemudahan Membuat :7,5 ; Tekstur : 7,5 ; Komposisi : 8,5 . Dari bahan-bahan yang dipakai resep ini mempunyai manfaat, sebagai berikut : Keju : mengandung seng yang membantu memperlancar aliran darah; Susu : mengandung kalsium untuk memelihara tulang kuat, zat penting untuk fungsi saraf kontraksi otot, dan pembentukan darah; niacin penting untuk pembentukan system saraf; vitamin B12 penting untuk pertumbuhan dan kesehatan system saraf; protein penting untuk pengembangan otak dan pertumbuhan jaringan tubuh; fosfor berfungsi untuk memperkuat tulang; potasiun penting untuk aktivitas dan kontraksi otot, vitamin D penting untuk memperkokoh tulang; vitamin A penting untuk memelihara kinerja organ penglihatan dan kulit serta mengatur integritas system kekebalan tubuh; Telur : : merupakan salah satu sumber protein terbaik, rendah lemak dan mengandung vitamin A,B,D,E dan zat seng ; Cokelat : mengandung kafein yang merangsang perasaan, theobromine yang mendongkrak suasana hati, phenylethylamine yang memicu pelepasan hormone endhorphine ; Tawar hijau tanpa kulit : mengandung kalsium yang baik untuk tulang 2x lebih banyak dari jenis roti lain ; Kiwi : mengandung sumber vitamin alami yang tinggi, memiliki keseimbangan mineralyang sempurna, mengandung antioksidan tinggi, dan sarat phytonutrient yang baik bagi kesehatan.mata dan pencernaan ; Strawberry : mengandung berbagai antioksidan, termasuk vitamin C, dan serat yang bermanfaat untuk menangkal penyakit jantung, kanker, dan obesitas ; Jeruk : mengandung vitamin C untuk menjaga tubuh dari serangan flu dan demam ; Anggur : kaya anthocyanin yang melindungi dari serangan jantung dengan meningkatkan sirkulasi dan mencegah pembekuan darah, mengandung phytochemical yang berkhasiat mencegah proses penuaan””

BN, “Oooh… emang salah satu menunya ini nih dari Om Bara. Ente gape juga nyari internet bisa nemuin yee. Kapan2 boleh dong elu ngeprint in yang gue mau cari di internet ye”
AH, “Beres Bang”
BN, “Hehehe… gitu dong friend gue nyang ganteng dah”
Andi Hasan tersenyum malu-malu dipuji2 Bang Naip… hehehe…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: