Oleh: naive7 | 28 Mei 2014

Diary Coffee: Ginseng Coffee Kopi Susu CNI

Two Methode Test

Two Methode Test

Kagak tau nech…. kesekian kalinye Rudiansyah temennye Bang Naip berkirim email cerita tentang bedah kopi. Rudiansyah tinggal di Bontang Kaltim. Ceritenye kayak begini nech:

Review terhadap CNI Ginseng Coffee:
Try out dilakukan di kantor ane, hari Jum’at 25 April 2014, jam 13.25 Wita sd 13.53 Wita. Perlakuan try out melalui 2 metode, yaitu Fadillah Methode dan Direct Methode. Buat nyang kepengen tau lebih detail apaan itu Fadillah Methode, bisa di klik pada judul ini Fadillah Methode. Kalo mau tau detail apaan entu Direct Methode klik ajah di judul ini Direct Methode.

1) Fadillah Methode: Air panas dari dispenser nyang didalem cangkir belimbing ditaburin bubuk kopi sachet CNI ginseng coffee. Entu sesuai ame petunjuknye. Didiamin minimum 3 menit. Seabis entu larutan kopi di air panas tadi diaduk pake sendok dehh… **jangan pake pacull yee ngaduknye…. uupsss, hehehe**

Fadillah Methode, setelah diaduk 3 menit (tanpa blitz)

Fadillah Methode, setelah diaduk 3 menit (foto tanpa blitz)

Abis entu didiamin lagi barang 2 menit, minimum. Baru dehh… bisa di icip-icip.

Fadillah Methode, setelah diaduk 3 menit (blitz)

Fadillah Methode, setelah diaduk 3 menit (foto blitz)

2) Direct Methode: Air panas dari dispenser ditaburin bubuk kopi sachet CNI ginseng coffee. Langsung diaduk-aduk en langsung diicipin, diminum dahhhhh.

Direct Methode, setelah lgsg diaduk (tanpa blitz)

Direct Methode, setelah lgsg diaduk (foto tanpa blitz)

Metoda nyang ini biasa tuhh orang-orang pade ngelakuin buat minum kopi sachet.

Direct Methode, setelah lgsg diaduk (blitz)

Direct Methode, setelah lgsg diaduk (foto blitz)

Uji rasa (Taste Testing): Metoda 1 (M1) emang berasa lebih dalem daripade Metoda 2 (M2). Pada M1 creamy en kedaleman rasa kopi lebih muncul ke permukaan. Sedangkan M2 lebih plain kemunculannye. Walaupun semuanye masih terwakili sech….. ada rasa kopi, ada rasa manis, ada rasa creamy nan lembut sebagai aroma en ngasih rasa susu, kemudian ada semerbak rasa ginseng nye.

Fadillah Methode setelah 3 menit diaduk (foto non blitz)

Fadillah Methode setelah 3 menit diaduk (foto non blitz)

Secara, di M1 semua nyang terwakili entu lebih dalem lagi rasanye ketimbang M2.

Direct Methode setelah diaduk lgsg (foto non blitz)

Direct Methode setelah diaduk lgsg (foto non blitz)

Komposisi dari sisi rasa, gula : krimer nabati : kopi instan : ekstrak ginseng = 2 : 3 : 4 : 0,5. Kopinye pake jenis robusta, kagak ade asem2nye. Kalo ekstrak ginseng nye, kenceng di aroma, tapi sedikit nyembul ajah di rasa. Yang mantab aroma kopi susu nye…. berasa banget di indera penciuman kite. Nendangggg!! Hal ini terjadi baik di M1 maupun di M2. M1 lebih aromatik dibanding M2.

Bungkus Sachet CNI

Bungkus Sachet CNI

Visual Check: M1 hasilnye warna dan tampilan tekstur larutan ngasih kesan lebih pekat. Busa disekeliling pinggir mug hasil adukan setelah 3 menit, volumenya gede-gede. Busa kagak muncul disemua sekeliling cairan, cuman sebagian ajah.

M2 hasilnye warna lebih muda jadinye berkesan cairan lebih encer. Busa pun volume lebih kecil-kecil dibanding M1. Busa mengelilingi bundaran pinggiran cairan di dinding mug dalam, merata en menyeluruh.

Front-cover Bungkus Sachet CNI

Front-cover Bungkus Sachet CNI

Kesimpulan: CNI Ginseng Coffee sachet mantap dahhh….. sebagai kopi susu suplemen kesehatan penambah tenaga (efek penyegar dari ekstrak ginseng). Uji rasa menyatakan kopi susu ini masuk dalam kategori kalangan remaja/dewasa menengah ke atas, terbukti kagak adanya ampas serbuk kopi. Ditambah kemasan sachet nyang berwarna gold mengkilap.

Jadi bukan masuk kategori kopi tubruk, melainkan masuk dalam kopi susu ala cafe. Selamet en sukses yaa buat produsen ini CNI kopsus ginseng coffee: PT Sukses Abadi Farmindo di Tangerang. Juga buat nyang order ke produsennye: PT Citra Nusa Insan Cemerlang di Jakarta, nyang punya sistem network marketing atawa MLM entu.

INFO TAMBAHAN: Di hari Senin yang cerah… 28 April 2014 antara jam 12.00 sd. 13.00 Wita, sehabis hujan lebat…. Di kantor ane masih nyisa 2 sachet CNI Ginseng Coffee nech. Mumpung ada waktu, langsung disamber entu kedua sachet dengan menggunakan Direct Methode. Diuji coba memasukkan langsung 2 sachet CNI tersebut ke dalam cangkir air panas dengan level atawa volume 2 kali dari biasanya. Nyang dituang dari dispenser kantor.

Level air double sachet Direct Methode

Level air double sachet Direct Methode

Abis entu diaduk langsung en langsung diuji coba…. Taste Testing.

Uji Rasa atawa Taste Testing: rasa kupinye makin nendang…. ditambah creamy dari krimernye juga makin dalemmmm. Rasa ginseng ekstrak, walaupun masuk ke skala 2 kalinye, tapi kagak ngerusak struktur rasa kpoi susu nye……

Secara logika, seharusnye dengan dua kali sachet dicampur sama dua kali volume air panas dari biasanye…. efek rasanye harusnya sama. Karena rasionye 2 kali dari rasio bubuk:volume air panas. Tapi nyang ini kagak, efek kopi lebih nendang. Efek krimer nabati lebih dalemmmm.

Rasa asem kopi kagak ada, begitu juga efek kembung d lambung kagak ada. Nyang ada efek mengenyangkan ajah.

Visual Check: Ada beberapa step pemerikasaan nyang dilakukan terhadap visual check di double sachet ini.

Permukaan cairan tanpa ampas Direct Methode

Permukaan cairan tanpa ampas Direct Methode

Kesan pertama terhadap larutan kopinye entu, warna kopi susu nye nyang begitu syahd…. menandakan nendangnye kopi susu ini. Termasuk kekentalan larutan nyang menjanjikan….. creamy nye berkesan menggiurkan, merupakan krimer nabati nyang jadi ingredients sachet ini.

Tekstur cairan....menjanjikan creamy kopsus

Tekstur cairan double sachet direct methode…. menjanjikan creamy kopsus

Visual check nyang kedua, walaupun melalui proses direct methode, ampas kagak keliatan banget di pinggiran cangkir sebelah dalem pas dipermukaan larutannye.

Tanpa ampas double sachet

Tanpa ampas double sachet direct methode

Pemeriksaan berikutnye di bagian dasar cangkir…… secara kagak keliatan juga ampas nyang tertinggal.

Kesimpulannye: Emang sachet ini di desain kagak pake ampas…. Jadi bukan jenis kopi tubruk warungan!

Anomali rasa terjadi di content double sachet ini, dengan scale-up pada rasio bubuk:air panas yang sama, tapi hasilnye lebih spektakuler…..!

Kopi lebih nendang, krimer nabati lebih dalem. Ekstrak ginseng herannye kagak ngikutin “tamboh cieee, Daaaa”…hehehe. Normal2 ajah walaupun efek double nya sedikit kerasa.

Sippp dahhh…. Yuk!
</p>


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: